Potensi Wisata Kebumen Yang Belum Tersentuh Maksimal

 Wisata Kebumen...., mungkin anda sekalian akan terlintas Benteng Van Der Wijck, Goa Jatijajar, Pantai Ayah, Pemandian Krakal, Pantai Petanahan, dan beberapa lokasi wisata yang sudah tidak asing lagi bagi telinga wong kebumen. Selain itu, ada beberapa lokasi wisata yang sebenarnya menarik, namun masih jarang yang mengunjungi karena belum familiar. Di bawah ini, saya mencoba menyajikan beberapa daerah potensi-potensi wisata tersebut

1. Gua Simbar
     Gua ini terletak di Desa Rogodadi (lebih dikenal dengan nama Methok), Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Merupakan salah satu gua "penghuni" gugusan pegunungan kapur gombong selatan. Gua ini tidak kalah indahnya dengan gua jatijajar..., terlihat lebih indah..., karena masih sangat "alami". Bagi anda pecinta alam, sangat rugi jika belum mengunjungi gua ini. Dengan stalaktit dan stalagmit yang juga indah, gua ini memiliki daya tarik tersendiri. Ketika saya berkunjung kesana bersama teman-teman Rohis SMK.... beberapa tahun yang lalu. Gua ini terlihat sangat indah. Belum terlalu dikenal namanya, dibandingkan dengan Gua Petruk atau Gua JatiJajar, padahal memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Keindahan ciptaan Allah SWT yang sangat indah. Hanya kata "Subhanallah"  yang dapat saya dan teman-teman ucapkan.
                                                         (Jalan menuju Gua Simbar)

     Dalam kompleks gua ini, juga terdapat beberapa gua lain yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Masih sangat sedikit yang mengenal gua ini.  Sepanjang perjalanan menuju gua, anda juga akan diperlihatkan "keindahan pegunungan kapur" gombong selatan.
    Dibalik keindahan gua simbar ini.....Namun sayang, ada tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang berusaha memindahkan stalaktit dan stalakmit dari gua ini. Walaupun tidak berhasil dan masih "tertinggal" di gua. Namun sedikit membuat "kurang indahnya" gua. Terlepas dari itu, gua ini masih terlihat tetap indah. Dengan sedikit penerangan lampu yang kami bawa serta penerangan lampu gua. Membuat petualangan di gua ini menjadi lengkap.

                                                        (Salah satu stalakmit di gua simbar)
 Anda tertarik??? Kunjungi saja tempat ini. Di Desa Rogodadi, Kecamatan Buayan. Kebumen. Di daerah ini juga bisa anda temukan tempat wisata lain "Sendang Pelus".

2. Sendang Pelus
     Terletak di lembah pengunungan kapur gombong selatan, masih satu Desa dengan Gua Simbar. Terletak di Desa Rogodadi, Kecamatan Buayan, Kebumen. Sendang atau mata air tersebut biasanya dihuni banyak sekali ikan-ikan jenis lele hitam dan lele putih serta “moa” atau “eil” atau belut besar yang bersirip yang nama lokalnya “pelus” sehingga tempat tersebut disebut “Sendang Pelus”. Besarnya seukuran “bocah” namun panjang. Ada juga yang ukurannya sangat besar hingga tidak bisa mengeluarkan seluruh tubuhnya.
Uniknya untuk melihat belut raksasa tersebut harus diberi makan telur goreng maka “pelus” tersebut akan keluar dan menyantap telur tersebut.

3. Hutan Pinus Kedungjati
    Hutan Pinus ini terletak di Desa Kedungjati, Sempor, Kebumen. Secara keseluruhan, juga ada yang masuk  desa lain, seperti Semali, dan beberapa desa yang lain. Di dalam hutan ini, terdapat banyak curug atau air terjun yang cukup indah bila dinikmati. Jalur yang mudah dan tempat yang nyaman, menjadikan tempat ini juga cocok untuk lokasi outbond. Beberapa kali saya dan teman-teman mengadakan outbond disini. Dan rasanya tetap ingin kembali kesini. Deretan pohon pinus yang rimbun, disertai sedidit pohon jati. Membuat tempat ini sebenarnya cocok sekali untuk dijadikan kawasan wisata alam. Cocok juga untuk sekedar hiking. 


                                                (Outbond di Hutan Pinus Kedungjati)

    Kita akan lebih bisa memahami dan mengerti kekuasaan Allah SWT setelah melihat kawasan ini. Hutan pinus yang indah disertai beberapa curug. Jika anda ingin mandi di beberapa curug. harus berhati-hati, karena bisa jadi itu merupakan daerah yang dalam. Warga disini juga ramah, jadi tak usah takut tersesat. Anda bisa bertanya tentang kawasan hutan pinus ini.

4. Pantai Manganti
    Walaupun saya sendiri belum pernah mengunjungi pantai ini..., namun saya rasa memang sangat indah. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di kebumen.
     Pantai Manganti merupakan pantai yang sebetulnya diperuntukkan untuk nelayan karena terletak di teluk sehingga relatif aman . Justru Pantai Manganti adalah pantai yang paling indah diantara pantai-pantai Pantai Karangbolong, Pantai Logending dan Pantai Petanahan yang semuanya terletak di bagian selatan Gombong.


    Pantai Manganti dengan pasirnya yang putih dan bersih, lautnya jernih khususnya kalau tidak hujan dan disitu terdapat tempat pelelangan ikan. Berbeda dengan pantai Karangbolong, Logending yang pantainya kalah bersih dibandingkan pantai Manganti.
   View paling bagus untuk mengambil landscape pantai Manganti adalah dari jalanan sebelum sampai ke lokasi dimana kita menaiki dan menyusuri bukit dipinggir pantai. Angle dari atas adalah paling cantik untuk mengabadikan pantai tersebut meskipun di lokasi pantai nelayan tersebut juga tak kalah cantiknya untuk obyek pemotretan dengan deretan perahu nelayan yang warnanya seragam biru, kegiatan lelang ikan yang unik, ombak dengan deburan buih memutih. Di sekitar pantai manganti terdapat mercu suar dan juga tower stasiun TV swasta yang menambah elemen keindahan landscape pantai Manganti.

Sumber :  http://www.basvandergomb.com
Dengan perubahan 

3 komentar:



Khairul mengatakan...

Ternyata disini banyak Obyek Wisata yg sangat exotis...kapan aq diundang tour kesana ne..thankz dh mampir di Ghubuk Khairul...www.khairulsblog.co.cc

Cah Gombong Kebumen mengatakan...

ya betul.... kebumen memang banyak tempat wisata yang menarik...., walaupun belum terlalu dikenal... Tour kesini??? Langsung dateng aja ke tempat wisatanya ....Thx juga sudah mampir di blog Q....

Cah Gombong Kebumen mengatakan...

siapa yang mau mampir???

Posting Komentar